Jumat, 11 Oktober 2013

Resensi Novel "Pertemuan Dua Hati"



TUGAS RESENSI NOVEL
“Pertemuan Dua Hati”
Karya : Nh. Dini

(Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia)

Disusun oleh
Nama : Siti Nurjali
        Kelas : XI- IPA3




SMA NEGERI 3 SUMEDANG
Tahun Ajaran 2013/2014

Judul Resensi
              “Kasih Sayang Mengubah Hati”
                                      Judul Buku          : Pertemuan Dua Hati
Identitas Buku
                                                Pengarang           : Nh. Dini
                                                Penerbit               : PT Gramedia Pustaka Utama
                                                Tahun Terbit        : 1986
Pendahuluan
                                                Jumlah Halaman : 87 Halaman
Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin, lahir di Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 29 Februari 1936. Dia adalah seorang sastrawan, novelis, dan feminis Indonesia yang lebih dikenal dengan nama Nh.Dini. Setamat SMA bagian Sastra (1956), ia mengikuti Kursus Pramugari Darat GIA Jakarta (1956), dan terakhir mengikuti Kursus B-I Jurusan Sejarah (1957). Tahun 1957-1960 ia bekerja di GIA Kemayoran, Jakarta. Setelah menikah dengan Yves Coffin, berturut-turut ia bermukim di Jepang, Prancis, Amerika Serikat, dan sejak 1980 ia menetap di Jakarta dan Semarang.
Pada tahun 1980 an, ia mengarang sebuah novel yang berjudul Pertemuan Dua Hati dengan tebal 87 halaman. Novel ini sudah mengalami sebelas kali cetakan. Novel karya Nh. Dini ini bercerita tentang wanita. Namun banyak orang yang berpendapat, wanita yang dilukiskan Dini terasa “aneh”. Ada pula yang berpendapat bahwa dia menceritakan dirinya sendiri. Itu penilaian sebagian orang dari karya-karyanya. Akan tetapi terlepas dari semua penilaian itu, karya NH Dini adalah karya yang dikagumi. Buku-bukunya banyak dibaca kalangan cendekiawan dan jadi bahan pembicaraan sebagai karya sastra. Sesuai dengan karakteristik pada periode 80-an karya sastranya ini mengangkat masalah konsep kehidupan sosial.
Isi Pernyataan
Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur campuran. Novel ini terdapat banyak sekali tokoh-tokohnya, tapi hanya ada dua tokoh utama dan beberapa tokoh pembantu. Salah satu tokoh utama dalam novel ini adalah Bu Suci. Bu Suci adalah seorang guru yang baik, ramah, ulet, bijaksana, dan sesuai dengan namanya suci. Yang kedua adalah Waskito, dia juga salah satu tokoh utama yang pada awalnya berwatak antagonis berubah menjadi protagonis menjelang akhir cerita berkat Bu Suci. Waskito adalah orang yang kasar, kurang ajar, dan salah satu orang yang”sukar” di sekolahnya. Namun, sebenarnya dia adalah anak yang baik.
Kisah dalam Pertemuan Dua Hati ini menceritakan seorang guru di Desa Purwodadi, namanya Bu Suci. Ia adalah seorang guru yang bijaksana serta sangat mencintai keluarganya. Ia tinggal bersama suami, ketiga anaknya, dan uwaknya yang menjaga anak-anaknya. Bu Suci pindah dari Purwodadi ke Semarang. Anak sulungnya sekolah di Sekolah Dasar yang sama dengan tempat Bu Suci mengajar. Hari pertama mengajar telah dilalui Bu Suci denagn lancar. Hari kedua dan ketiga pun begitu. Namun pada hari keempat, Bu Suci merasa ada kejanggalan dalam mengajar. Ternyata, salah satu murid Bu Suci tidak masukdari hari pertama Bu Suci mengajar.
Murid itu bernama Waskito. Waskito adalah seorang murid yang sukar, sehingga ia tidak disukai oleh teman-temannya di sekolah. Waskito sering membolos, sering memukuli kawan-kawannya, dan sering membuat onar di kelas/sekolah. Tugas Bu Suci sangat berat, selain membimbing Waskito ke jalan yang benar, Bu Suci juga harus merawat anak keduanya yang sakit ayan. Namun, tugas itu dilalui Bu Suci denagn ikhlas, tabah dan telaten. Sehingga berkat Bu Suci, akhirnya si ”anak sukar” itu berhasil dibimbing ke arah yang benar. Berkat Bu Suci juga, Wakito terdaftar ke dalam baris anak-anak yang pandai di kelasnya. Pada akhir tahun pelajaran, Waskito naik kelas.
Penutup
Penulis tidak menyelipkan gaya bahasa yang terlalu sulit, sehingga tidak menyulitkan pembaca. Dan bahasanya juga mudah dipahami karena menggunakan bahasa sehari-hari. Namun, kekurangannya adalah cover yang digunakan di bagian depan kurang menarik sehingga kurang diminati oleh pembaca. Karena biasanya pembaca melihat sebuah novel dari covernya terlebih dahulu. Dan font (ukuran) tulisan yang digunakan juga kurang besar.
Banyak sekali amanat yang kita dapat, dan kita petik dari novel ini. Salah satunya adalah kita harus tabah dan sabar dalam menghadapi persoalan hidup dan jangan pernah menganggap remeh seseorang dan memandang hanya dari satu sisi buruknya saja. Apalagi orang tersebut adalah anak didik kita yang harus kita bimbing dan dididik agar kelak bisa menjadi anggota masyarakat yang semestinya. Oleh sebab itu, cerita ini sangat bagus untuk dibaca oleh anak-anak, orang tua, dan kalangan pendidik.









Unsur-unsur Intrinsik
1.      Tema              : Kehidupan Sosial
2.      Tokoh             :
-          Bu Suci                                                     - Bapak (Ayahnya Bu Suci)               
-          Waskito                                                     - 3 anak Bu Suci
-          Suami Bu Suci                                          - Uwak
-          Murid-murid SD kota Semarang              -Istri RT7
-          Bu De Waskito                                         - Kakek dan Nenek Waskito
-          Kepala Sekolah                                         -Guru Agama
3.      Penokohan     :
Ø  Bu Suci (protagonis) : baik, lembut, penyayang, tanggung jawab, bijaksana, rajin, penurut kepada orang tuanya, selalu megalah diantara saudara-saudaranya, sabar dan tabah dalam menghadapi kehidupan, tidak pernah menuntut lebih kepada suaminya, peduli kepada peserta didiknya,selalu meminta pendapat kepada orang lain setiap akan mengambil keputusan.
Ø  Waskito (antagonis menjadi protaginis menjelang akhir cerita) : nakal, suka marah-marah tidak jelas, sering membolos, sering memukuli teman-temannya, pendiam, selalu meluapkan perasaannya dengan kekerasan/ memberontak, sulit bergaul dengan teman sekelasnya karena ia ditakuti teman-temannya karena sikapnya yang keras, sebenarnya ia hanya minta untuk diperhatikan dan sedikit bimbingan.
Ø  Suami Bu Suci (protagonis) : pengertian, tanggung jawab, dan perhatian.
Ø  Bu De Waskito (protagonis) : baik, perhatian pada anak.
Ø  Kepala Sekolah (protagonis) : tegas, berwibawa.
Ø  Bapak (Ayahnya Bu Suci) : tegas dalam mendidik anak.
Ø  3 Anak Bu Suci :- Anak ke-1 perempuan => lembut, cepat mengerti
- Anak ke-2 laki-laki     => diceritakan mengidap penyakit ayan
- Anak ke-3 perempuan => masih balita
Ø  Uwak                                      : Sabar, penuh kasih sayang.
Ø  Istri RT                                    : Ramah
Ø  Kakek dan Nenek Waskito     : Penyabar, ramah
Ø  Guru Agama                           : Baik, mudah menyesuaikan diri
Ø  Murid-murid SD Semarang    : Patuh terhadap guru
4.      Latar  :
v  Tempat            => Rumah Bu Suci, Sekolah Dasar di Kota Semarang, di rumah RT, Rumah Sakit, Kota Purwodadi, di sepanjang jalan dari rumah Bu Suci ke SD.
v  Waktu             => Pagi, siang, sore dan malam hari.
v  Suasana           => Sabar, prihatin, kesal, dan di akhir cerita semuanya merasa senang

5.      Alur    :
ð Dilihat dari jalan ceritanya, Novel berjudul Pertemuan Dua Hati karya Nh. Dini termasuk kedalam alur campuran (dimana cerita dimulai dari masa dahulu – masa sekarang – kembali ke masa dahulu – dan seterusnya).
ð Berdasarkan standart kehidupan berceritanya, Novel ini termasuk alur tertutup, sebab jalan ceritanya sudah ditentukan dengan jelas oleh pengarang dan tidak memberi kesempatan kepada pembaca untuk menentukan bagaimana akhir cerita tersebut.
6.      Sudut pandang : Posisi atau letak pengarang dalam sebuah cerita yang dikarang atau disampaikan. Novel Pertemuan Dua Hati ini termasuk ke dalam sudut pandang orang pertama. Ini dapat dilihat dari cara pengarang menggunakan penyebutan tokoh utama “aku” (sebagai aku-an) di dalam novel.
7.      Amanat          : Hendaklah kita bersabar dan tabah dalam menghadapi persoalan hidup dan jangan pernah menganggap remeh seseorang dan memandang hanya dari sisi buruknya saja. Dan kepada orang tua janganlah lupa akan memberikan pengajaran yang baik untuk anaknya.
8.      Gaya Bahasa : Bahasa Jika dilihat dari gaya berceritanya (style of though), novel ini termasuk kategori gaya bahasa langsung. Pengarang menceritakan sendiri semua peristiwa-peristiwa yang terjadi baik pada dirinya sendiri maupun orang lain disekitarnya. Dalam novel ini juga banyak dipakai kata yang merupakan kata-kata istimewa. Misalnya : sukar, konon, kelak, sekonyong-konyong. Mengintruksikan tumpuhan, jeng (bu), dsb. Dalam novel ini juga terdapat gaya bahasa yang bermacam-macam. Gaya bahasa yang dipakai dalam kutipan itu berkisar antara gaya bahasa Hiperbola (misalnya : tercekik oleh keharuan,…………..pastilah mulutku akan terloncat cerita peristiwa dikelas kehadapan rekan-rekanku). Gaya bahasa Metonemia (misalnya: dalam kata “membuka Hati”)

Unsur-unsur Ekstrinsik
1.      Latar Belakang Kehidupan Pengarang
Pengarang novel ini bernama Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin (lahir di Semarang, Jawa Tengah, 29 Februari 1936; umur 74 tahun ) atau lebih dikenal dengan nama N.H. Dini adalah sastrawan, novelis, dan feminis Indonesia. Setamat SMA bagian sastra (1936), mengikuti Kursus Pramugari Daraat GIA Jakarta (1956), dan terakhir mengikuti Kursus B-I Jurusan Sejarah (1957). Tahun 1957-1960 bekerja di GIA Kemayoran, Jakarta. Setelah menikah dengan Yves Coffin, berturut-turut ia bermukim di Jepang, Prancis, Amerika Serikat, dansejak 1980 menetap di Jakarta dan Semarang. Karyanya : Dua Dunia (1965), hati yang Damai (1961), La Barka (1977), Namaku Hiroko (1977), Keberangkatran (1977), Sebuah Lorong di Kotaku (1987), Padang Ilalang di Belakang Rumah (1979), Langit dan Bumi Sahabat Kami (1979), Sekayu (1981), Amir Hamzah Pangeran dari seberang (1981), Kuncup Berseri (1982), Tuileries (1982), Segi dan Garis (1983), dan Orang-orang Tran (1985). Trejemahannya : sampar (karya Albert Camus, La Peste; 1985).
 - Sejarah hidup : N.H. Dini dilahirkan dari pasangan Saljowidjojo dan Kusaminah. Ia anak bungsu dari lima bersaudara, ulang tahunnya dirayakan empat tahun sekali. Masa kecilnya penuh larangan. Konon ia masih berdarah Bugis, sehingga jika keras kepalanya muncul, ibunya acap berujar, “Nah, darah Bugisnya muncul". N.H. Dini mengaku mulai tertarik menulis sejak kelas tiga SD. Buku-buku pelajarannya penuh dengan tulisan yang merupakan ungkapan pikiran dan perasaannya sendiri. Ia sendiri mengakui bahwa tulisan itu semacam pelampiasan hati.
2.      Nilai- nilai yang terkandung dalam novel
v  Nilai moral (sikap, perilaku) Salah satunya terdapat pada halaman 32 alinia I “…kami semua sepakat bahwa anak-anak tumbuh tidak hanya memerlukan makanan, mereka juga membutuhkan kemesraan, menginginkan perhatian. Rasa cinta kepada mereka yang diperlihatkan , menanamkan benih kekuatan tersendiri……….”
v  Nilai Sosial Hubungan antara guru dan murid tidak terbatas hanya dengan menyampaikan pelajaran yang sudah ditetapkan sesuai dengan kurikulum, melainkan lebih dari itu harus ada keterikatan batin dan rasa kasih sayang seperti orang tuanya sendiri. Supaya mampu menciptakan lulusan-lulusan yang bisa membawa diri sendiri serta mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.
v  Nilai Religius Semua yang terjadi pada hidup ini karena kehendak Alloh SWT. Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa dan Alloh SWT yang menentukannya. Salah satunya terdapat pada alinia ke-5 halaman 71. “Malamnya aku gelisah. Tidurku sangat terganggu. Dugaanku bermacam-macam. Barangkali Waskito tidak masuk esok pagi! Atau masuk, membawa pisau, atau golok, atau senjata lain yang lebih mengerikan guna membalas dendam terhadapku. Dalam sujudku menghadap Tuhan sebelum dini hari tiba, rasa kerendahan diriku semakin kutekan. Kami ini manusia sangat hina, kecil dan tak berdaya jika Tuhan tidak menghendaki keunggulan kami!”











Sinopsis
Bu suci adalah seorang guru di sebuah desa di Purwodadi. Ia adalah seorang guru yang bijak serta sangat mencintai keluarganya. Namun, karena pekerjaan suaminya, bu Suci dan keluarganya terpaksa pindah ke kota Semarang. Disana ia tinggal dengan suami dan ketiga anaknya serta dengan uwaknya yang menjaga anak-anak bu Suci. Bu Suci mempunyai seorang suami yang sangat pengertian terhadap keluarganya. Dia selalu mendukung apa saja yang bu Suci lakukan selama yang dilakukannya itu benar. Ia pun berniat untuk mencari pekerjaan sebagai guru kembali, karena ia sudah sangat rindu dengan pekerjaannya itu. Hingga suatu saat ia mengantarkan anaknya ke sekolah dan ia pun mendapat pekerjaan sebagai seorang guru di sekolah dasar dimana anakanya bersekolah.
Hari pertama mengajar dilalui bu Suci dengan baik. Namun, ia mulai merasa ada suatu kejanggalan yang terjadi pada kelas tersebut. Sebisa mungkin bu Suci tidak pernah mencampurkan persoalan pribadi dengan persoalan di dalam pekerjaannya. Ia berusaha profesional dengan bisa membagi waktu, agar anak-anaknya tidak pernah merasa kehilangan sosok ibu dalam dirinya.
Hari-hari berikutnya dilalui bu Suci dengan mulus pula, namun sekarang ia mulai mengerti apa yang mengganjal didalam pikirannya. Seorang murid bernama Waskito ternyata telah menarik perhatiannya. Setiap kali ditanya tentang murid tersebut, semua anak seolah terdiam dan tidak ingin memberi jawaban pada bu Suci. Namun, akhirnya bu Suci pun mendapatkan jawaban atas semua yang terjadi. Ternyata muridnya yang bernama Waskito tersebut salah satu murid yang nakal, dan selalu membuat keonaran. Semua murid yang ada dikelas segan pada dia, mereka takut jika bermasalah dengannya. Menurut cerita yang ada, Waskito seringkali memukul dan menjahili temannya yang ada di kelas, tanpa sebab apa pun atau mereka merasa tidak pernah berbuat sesuatu yang membuat Waskito marah. Entah kenapa bu Suci merasa ada hal yang perlu ia selesaikan dan ia ingin terlibat jauh pada masalah itu. Dorongan hati yang kuat membuat bu Suci semakin ingin membantu Waskito menyelesaikan masalahnya.
Sementara itu, anak kedua bu Suci telah di vonis oleh dokter mengidap penyakit ayan, sehingga kesehatannya perlu dijaga serta ia tidak boleh banyak beraktivitas. Semua cobaan seolah tengah menghadang pada bu Suci. Disisi lain ia ingin sekali berada di kelas serta mengetahui perkembangan muridnya yang nakal tersebut, namun disisi lain ia harus bersusah payah mengantar anaknya ke rumah sakit untuk berobat.
Akhirnya bu Suci pun mendatangi kediaman kakek dan Nenek Waskito untuk mendapatkan informasi yang sebanyak mungkin. Ia pun mendapatkan informasi bahwasannya Waskito sebenarnya merupakan anak yang baik, namun karena perilaku orang tuanya yang memperlakukannya dengan tidak baik maka ia pun menjadi murid yang nakal. Neneknya mengatakan bahwa ayahnya seringkali memukul Waskito tanpa alasan yang jelas jika Waskito melakukan suatu kesalahan tanpa memberikan pengarahan yang baik, yang seharusnya Waskito perbuat, sementara ibunya selalu memanjakannya sehingga Waskito tidak pernah tahu mana yang baik dan buruk. Selama tinggal bersama neneknya ia menjadi anak yang tahu aturan dan menjadi disiplin, namun setelah orangtuanya memintanya kembali, maka ia kembali menjadi anak yang nakal dan selalu menjahili teman-temannya.
Bu suci mencoba membantu permasalahn yang dihadapi oleh Waskito. Seringkali ia memperhatikan semua perilaku Waskito, dan ia perlahan mencoba mendekati Waskito. Ia meminta Waskito untuk mengantar makanan pada anak keduanya yang sakit tersebut. Bu suci mencoba menggambarkan pada Waskito bahwa ia masih beruntung diberi kesehatan sehingga ia tidak perlu melakukan sesuatu yang tidak berguna untuk hidupnya. Bu Suci juga memberi kepercayaan pada Waskito untuk membuat sesuatu, hingga pekerjaan yang dilakukan Waskito dan kelompoknya mendapat penghargaan dari teman-temannya. Waskito dibuat ada keberadaannya oleh bu Suci. Selama ini semua murid yang ada di kelas menganggap Waskito hanya sebagai biang onar dan keributan sehingga keberadaanyya tidak diinginkan dan dibutuhkan. Namun, sekarang bu Suci mencoba membuat semua hal tersebut musnah.
Kini Waskito tinggal bersama bibinya, sehingga sedikit demi sedikit ia mulai mendapatkan pelajaran tentang sebuah kasih sayang. Terutama dari keluarga bibinya, yang selalu rukun meskipun keadaan ekonomi mereka sulit. Bahkan mereka kadangkali harus berbagi makanan. Namun Waskito senang tinggal di sana. Lantaran di sana ia mendapat pengajaran tentang sopan santun dan kasih sayang. Ibu Suci merasa lega dengan semua perubahan yang mulai Waskito tunjukkan.
Namun suatu hari ia kembali mengamuk lantaran ada seorang yang menghina tanaman yang ia tanam, padahal maksud temannya tersebut hanya sekedar gurauan belaka. Waskito sampai membawa Cutter yang di acuhkan keudara, namun dengan berani bu Suci merampas Cutter tersebut dari tangan tersebut saat Waskito lengah. Tanpa memikirkan sesuatu yang buruk akan terjadi padanya. Entah kenapa ia yakin bahwa Wasktito tidak akan sanggup untuk menggunakan senjata tajam tersebut. Semua guru di sekloah tersebut sepakat untuk mengeluarkan Waskito dari sekolah karena sikap Waskito sudah keterlaluan. Namun bu Suci dengan segenap hati meminta agar diberi waktu untuk membimbing Waskito, jika ia gagal jabatannya sebagai guru rela jika harus di cabut. Ia pun menekankan kepada Waskito bahwa Bu Suci percaya bahwa Waskito akan merubah sikapnya karena selain ia yang harus pindah, jabatan bu Suci sebagai guru juga dipertaruhkan untuknya.
Sejak saat itu bu Suci dan Waskito semakin dekat dan akhirnya sedikit demi sedikit Waskito mau berbagi cerita dan mau untuk mnerima nasihat bu Suci. Akhir semester Waskito naik kelas dan keluarganya sangat berterimakasih karena mereka tidak menyangka bahwa Waskito dapat merubah sikapnya dan dapat pula naik kelas. Waskito dan keluarga bu Suci pun berlibur ke desa mereka di Purwodadi sesuai dengan janjinya kepada Waskito. Sejak bertemu dengan Waskito bu Suci merasa hatinya telah dipertemukan dengan hati Waskito dan sejak saat itu pula keprofesionalisme yang bu Suci gunakan dalam memisahkan urusan pekerjaan dan rumah tangga tak beralu lagi semenjak kedatangan Waskito.



5 komentar:

  1. aku cinta kamu sellalu muahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh sabar y meski jarak menghalang kita bertemu tpi disitulah aku belajar mncintai kamu apa adanya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. kakak idenya bagus , itu ngarang sendiri ya??

    BalasHapus
  4. How to Get the $200 welcome bonus at DraftKings
    DraftKings has its own casino app that allows you to claim a 리턴벳 $200 no deposit 문페이 bonus bonus after completing 예스 벳 88 your winwinbet first deposit. The site 더킹사이트 is licensed

    BalasHapus
  5. Paddy Power Casino - Mapyro
    Place your bets at 서산 출장마사지 Paddy Power Casino, 포항 출장마사지 located in It's a big slot machine! 밀양 출장마사지 If you're not familiar with the game 부산광역 출장안마 or want to start playing, you'll have 구미 출장샵 to find it

    BalasHapus